Banyak dari kita yang berfikir jika internet vsat tidaklah lebih baik dari internet kabel. Namun, kita harus mengetahui terlebih dahulu apasaja keuntungan dari internet VSAT agar kita tidak memandangnya sebelah mata.

Akses di Lokasi Terpencil: Ini telah menjadi kekuatan tradisional Jaringan Satelit. Satelit di orbit yang digunakan oleh sebuah provider dapat mencakup sekitar 33% permukaan bumi dan dapat menyediakan konektivitas ke wilayah mana pun yang dicakup olehnya. Satelit juga dapat fokus pada wilayah kepadatan tinggi tertentu dan beberapa satelit dapat bekerja sama untuk menyediakan cakupan global. Ini sangat berguna untuk lokasi terpencil (daerah pedesaan, kapal dan wilayah pesisir, bukit, dll) di mana ada konektivitas darat yang terbatas atau tidak ada. Jaringan VSAT saat ini dapat membawa data serta aplikasi yang sensitif terhadap latensi seperti suara dan video. Itu sebabnya DTH (TV Kabel), Internet Radio, dan teknologi lainnya telah menemukan aplikasi dalam situasi kehidupan nyata. Bahkan aplikasi Multi-cast berbasis IP seperti streaming audio dan video dimungkinkan (misalnya: Aplikasi Digital Signage).

Akses Internet: Jaringan VSAT dapat menyediakan akses Internet selain dari titik ke titik tautan WAN. Semuanya siap untuk menciptakan gelombang besar berikutnya dalam industri broadband konsumen dengan peluncuran satelit yang beroperasi yang menawarkan hasil yang sangat tinggi. Terutama di wilayah non metro. Layanan Internet broadband ‘Selalu AKTIF’ dimungkinkan dengan jaringan VSAT.

Penempatan cepat: Setelah Satelit dimasukkan ke orbitnya, penempatan di tempat pelanggan dapat dilakukan (biasanya dalam jam) jika peralatan tersedia, dengan pelatihan minimum. Dan penyebaran dapat dilakukan di wilayah mana pun, terlepas dari di mana ia berada.

VPN: Satelit mendukung enkripsi semua data yang dikirimkan antara dua situs atau beberapa situs, yang memungkinkan pembuatan Virtual Private Networks (VPN). Ini adalah salah satu alasan mengapa jaringan VSAT dapat menemukan lebih banyak penerimaan dalam persyaratan konektivitas perusahaan dan Pemerintah / Pertahanan.

QoS: VSAT Networks mendukung kebijakan prioritas QoS (Quality of Service/Kualitas Layanan) dan Lapisan 2 untuk diterapkan di seluruh tautan WAN yang memungkinkan aplikasi waktu nyata untuk digunakan di seluruh jaringan. Akses Seluler: Akses seluler telah menjadi kekuatan tradisional lain dari jaringan satelit. Hal ini membuat penyiar TV (misalnya) membuat siaran dari mana saja, bahkan ketika mereka sedang bepergian.
Aplikasi lain yang mungkin bisa berupa akses Internet seluler, saat bepergian.

Technology

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *