Menciptakan Kepekaan Sosial Dengan Mempekerjakan Para Penyandang Disabilitas

Upaya menciptakan budaya dan lingkungan kerja inklusif dengan melibatkan para kompasiana tidak berhasil tanpa membangun kepercayaan antar pegawai. Meningkatkan kesadaran merupakan langkah penting untuk melawan persepsi buruk sehingga tindakan yang dilakukan terkesan jujur. Menjadi teladan merupakan startegi terbaik untuk menghidupkan nilai-nilai yang dibangun perusahaan. Saat ini, banyak perusahaan yang ikut merayakan momen-momen special bagi para penyandang disabilitas dan membuka kesempatan khusus bagi para penyandang disabilitas untuk berkarir. Seperti yang disampaikan oleh salah satu pimpinan Mariott International, David Rodriguez, Mariott menciptakan budaya inklusi yang diperkuat sebuah program bernama TakeCare. Program tersebut secara khusus memperhatikan kesejahteraan dari seluruh karyawayan.

Secara sungguh-sunggu, Marriot menjaga dan menikmati tanggungjawab untuk menciptakan sebuah lingkungan dimana setiap pegawai merasa bahwa mereka dimiliki dan secara bebas menyampaikan gagasan-gagasan dan menunjukkan potensi mereka. Marriot telah meluncurkan kampanye berupa video yang meliput pengalaman-pengalaman dari para pegawai, tidak terkecuali para penyandang disabilitas. Secara lebih rinci, video tersebut mendokumentasi berbagai peristiwa, komunikasi antar pegawai, dan pelatihan-pelatihan yang diikuti pegawai. Rodriguez merasa bahwa kampanye tersebut berhasil meningkatkan kesadaran para pegawai. Bahkan, para penyandang disabilitas pun tidak malu untuk menunjukkan statusnya di lingkungan kerja.

Sementara itu, Trujillo yang merupakan salah satu pimpinan MetLife menyampaikan bahwa perusahaan telah membentuk kelompok khusus untuk selalu memberikan semangat kepada para pegawai penyandang disabilitas. Kelompok ini diklaim telah berhasil meningkatkan kesadaran para pegawai untuk bersama-sama membangun budaya dan lingkungan kerja yang inklusif. Sampai saat ini pun, MetLife masih terus berupaya untuk menemukan cara-cara yang lebih efektif untuk menyukseskan visi besar mereka.

Pada akhirnya, perusahaan-perusahaan berupaya untuk menciptakan lingkungan dan budaya kerja yang positif sehingga semua pegawai betah untuk bekerja. Jika para pegawai loyal kepada perusahaan, mereka akan cenderung memiliki dedikasi yang tinggi dalam bekerja. Dengan kata lain, lingkungan dan budaya kerja yang positif tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja atau produktivitas para pegawai untuk mencapai visi perusahaan secara bersama-sama.

Health

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *